Senin, 13 Agustus 2012

Laminasi Fiber ke Honeycomb untuk Membentuk Panel Sandwich

Terkadang untuk membentuk suatu benda yang kuat dan sesuai dengan yang kita inginkan, kita harus menggunakan material komposit. Material komposit adalah material yang dibentuk dari berbagai macam material yang menyatu menjadi satu.

Carbon fiber adalah suatu material yang sangat rigid jika dicampur dengan epoxy khusus. Tetapi, terkadang tuntutan dimensi dan harga membuat para desainer berpikir ulang ketika mau memakai bahan ini. 

Kemudian, terdapat penemuan material lainnya yang bisa dipadu dengan carbon fiber, yaitu material berbentuk honeycomb.

Honeycomb sendiri merupakan suatu bentuk material yang berbentuk segi enam yang saling menyambung -seperti sarang lebah- yang mempunyai kekuatan untuk menahan beban tumpu. material berbentuk honeycomb bisa berasal dari alumunium, fiber, dan aramid (kevlar). Namun material ini tidaklah sanggup menyangga beban torsional ataupun beban bending. Oleh sebab itu, para desainer sudah mengembangkan suatu panel sandwich yang terdiri dari carbon fiber-honeycomb-carbon fiber

Pada postingan ini saya ingin berbagi bagaimana cara melaminasi (melapisi) carbon fiber atau fiber glass ke material honeycomb


1. Pertama-tama siapakan material honeycomb


2. Potong lembaran honeycomb dengan cutting wheel atau pisau cutter untuk menghindari sisa debu yang banyak


3. Siapkan lembaran carbon fiber atau fiber glass yang digunakan sebagai pelapis honeycomb. Dalam gambar ini lembaran yang digunakan adalah lembaran fiberglass. lembaran ini luasnya disamakan dengan luas lembaran honeycomb yang dipotong


4. Siapkan lembaran plastik. Lembaran plastik ini berguna untuk meratakan fiber sehingga fiber akan tampak halus licin, tidak bertekstur. Oleskan wax khusus pada lembaran plastik, lalu ratakan. Wax ini berfungsi menghindari lengketnya epoxy atau resin fiber ke lembar plastik saat ditempel ke fiber.



5. Saat membuat sandwich, siapkan foam roller dan rilled roller. Foam roller berguna untuk meratakan epoxy. Sedangkan rilled roller berguna untuk menghilangkan gelembung udara yang tertinggal ketika meratakan plastik. Rilled roller sangat berguna ketika kita memakai lembaran carbon fiber.


6. Setelah dilapisi wax, tempelkan fiber ke lembaran plastik, lalu usapkan resin ke fiber tersebut hingga rata. Lembaran plastik-fiber ini ditempelkan ke honeycomb, sehingga susunannya menjadi plastik-fiber-honeycomb-fiber-plastik


7. Kemudian susunan sandwich ini diberikan beberapa beban yang merata untuk membuat fiber lebih menempel pada honeycomb.


8. Sesudah kering, lepaskan plastik secara perlahan


Ini adalah berbagai contoh pengerjaan panel sandwich:

Contoh panel carbonfiber-honeycomb sandwich


Contoh pengerjaan tim mobil irit remmi dalam pembuatan kerangka mobil yang berbasis carbonfiber honeycomb sandwich











Tim ini menggunakan kayu triplek untuk cetakan panel. pada gambar tampak juga pompa vakum. Pompa vakum ini berguna untuk memompa udara dari dalam plastik, sehingga bisa menekan fiber ke honeycomb sekaligus menghilangkan gelembung udara. Teknologi vakum ini biasa digunakan untuk menempelkan carbon fiber ke honeycomb yang dilipat atau dibengkokkan.

Terimakasih sudah berkunjung :) 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar